Lima Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok


Hore... Awal yang bagus, ketika Anda tiba di sini dan sedang membaca artikel ini berarti Anda telah memutuskan untuk berhenti merokok, sekarang yang Anda butuhkan adalah perencanaan, tekad, dan dukungan. Berikut adalah 5 hal yang akan membuat Anda berhenti merokok untuk selamanya.

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa mencapainya, amati tips-tips berikut dari awal sampai akhir.


  1. Mulailah dengan Perencanaan Berhenti Merokok

    • Tunjuk hari dimana Anda akan berhenti merokok. Dengan menunjuk suatu hari yang spesifik akan membantu Anda tetap pada pendirian dan tujuan Anda. Suatu hari di bulan depan adalah pilihan yang bagus. Waktunya akan cukup untuk Anda membuat perencanaan tetapi tidak akan cukup untuk membuat Anda membatalkan rencana ini (karena Anda sudah berkomitmen di awal). Ingat, jangan mengatur hari tersebut di saat liburan atau saat di mana ada kemungkinan hal yang akan membuat Anda Stress. Tetapkan tanggalnya dan beritahukan ke keluarga, teman kerja, dan teman dekat Anda.
    • Kunjungi Dokter Anda. Lakukan hal ini jika perlu untuk sekedar berdiskusi dan sekaligus menanyakan apakah ada pengobatan yang mungkin bisa membantu Anda dalam usaha berhenti merokok ini.
    • Kurangi Rokok Dari Sekarang. IDi hari-hari menjelang saat berhenti merokok Anda, mulailah dengan mengurangi konsumsi rokok Anda, kalau bisa hisap hanya setengah batang saja setiap kali Anda merokok.
    • Persiapkan dengan matang, Cari tahu mengenai apa yang akan Anda alami nanti ketika sudah berhenti merokok, gejala apa yang akan membuat Anda tidak tahan untuk merokok lagi agar bisa Anda hindari dikemudian hari.
    • Siapkan pengganti rokok Anda, SCari sesuatu yang bisa dijadikan pengganti rokok, seperti tusuk gigi, permen, sedotan, atau permen karet bebas gula.
  2. Cari Bantuan dan Dukungan untuk Berhenti Merokok

    • Beritahukan kepada keluarga dan teman dekat tentang hari berhenti merokok yang sudah Anda tetapkan agar mereka bisa membantu mengingatkanmu dan ditambah lagi jika Anda orang yang gengsian pasti Anda akan malu jika tidak melakukan hal yang sudah Anda lontarkan dari mulut Anda.
    • Minta Teman Merokok Anda Agar Tidak Merokok di depan Anda, jangan malu karena ini semua demi kebaikan Anda.
  3. Buat Hari H di mana Anda berhenti merokok menjadi hari yang spesial

    • Jangan merokok, walau sehisap !!! Ingat, inilah saatnya terbebas dari rokok!
    • Buang semua yang berkaitan dengan Rokok. Termasuk rokoknya, pemantik, korek api, dan asbak.
    • Rencanakan untuk sibuk seharian. Pergilah jalan-jalan atau berolahraga, pergi ke tempat yang dilarang merokok, seperti perpustakaan atau bioskop. Makan makanan yang biasanya jarang Anda makan, lalui jalur yang tidak pernah Anda lalui, ini guna menghindari kebiasaan yang mungkin akan ada hubungannya dengan kegiatan merokok.
    • Banyak minum air dan jus. TPaling tidak ini akan menyibukan Anda sekaligus mencuci nikotin dalam tubuh Anda.
  4. Jika semuanya tidak berhasil, katakan pada diri Anda untuk bertahan 10 menit saja, Terkadang senjata terakhir ini berhasil, karena Anda akan melupakan keinginan merokok itu dengan sendirinya.
  5. Tetap berpegangan pada tekad, bersiap menghadapi godaan
    Kapanpun Anda merasa tekad Anda melemah, ingatkan diri Anda mengenai keuntungan saat tidak merokok:
    • Hitung uang rokok yang telah Anda hemat, cPertimbangkan bagaimana Anda dapat mencium dan merasa segala sesuatu dengan lebih baik sekarang, dan pikirkan bagaimana sekarang Anda tidak lagi mengancam kesehatan orang terdekat Anda ketika Anda merokok.
    • Hindari Alkohol. Mabuk akan membuat Anda merokok lagi.
    • Atur pola makan dan berolahragalah. Jika Anda memenuhi hari Anda dengan kegiatan maka Anda akan cepat melupakan kalau dulu Anda pernah merokok.
    • Hadiahkan diri Anda. Beli sesuatu yang spesial dengan uang hasil penghematan Anda.
    • Kendalikan diri Anda disaat Anda goyah. Harus selalu ingat akan komitmen Anda, Anda sudah bersusah payah, jikalau ada godaan untuk merokok lagi, jadikan itu pembelajaran, agar dapat dihindari di kemudian hari.

    Berhenti merokok memang sulit tetapi tidaklah mustahil. Banyak yang telah berhasil melakukannya, jadi Jangan menyerah!

    No comments:

    Post a Comment