Tips Mengalahkan Insomnia dan tidur dengan nyenyak


Jika Anda pernah atau bahkan sering berguling-guling di malam hari di atas tempat tidur berusaha untuk tidur dengan nyenyak, tetapi tidak bisa tidur sama sekali, padahal Anda sudah lelah bekerja seharian, well, Anda tidak sendirian. Insomnia adalah masalah tidur yang banyak dialami oleh warga dunia, terutama pekerja karir.
Terdapat beberapa pengertian dari Insomnia, termasuk masalah dalam tidur, tetap tertidur, atau bangun dengan perasaan grogi. Insomnia merupakan hal yang lazim di masyarakat, bahkan terlalu lazim kalau boleh dikatakan, banyak yang salah persepsi, kebanyakan orang tidak menganggap bahwa ini adalah masalah kesehatan, sehingga mereka tidak mencari bantuan. Padahal, justru insomnia ini sangatlah penting untuk diperhatikan, sebab tidur adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kesehatan seseorang.
Tips untuk mengatasi Insomnia
Kehidupan kita yang penuh dengan kesibukan akan mengakibatkan insomnia melalui hal-hal yang mengejutkan. Mia, misalnya, dia memiliki pekerjaan yang sangat menyita waktu, dia diharuskan untuk bepergian seharian ke tempat-tempat klien, dia hanya bisa mengkonsumsi asupan air minum yang cukup di malam hari ketika di rumah. Namun sayangnya, hal ini akan mengganggunya, sebab di saat tertidur Mia akan terbangun 2 sampai 3 kali hanya untuk masuk ke kamar kecil, "saya tidak mengalami masalah untuk tertidur, tetapi tidur saya terganggu karena hal ini" ungkap Mia.
Untungnya, setelah mencoba mencari jawaban di internet, saya menemukan berbagai hal berikut yang dapat membantu kita semua untuk kembali tidur dengan nyenyak seperti dulu.
Lakukan:
  • Cari tahu penyebab insomnia Anda. Temui dokter ahli untuk mengetahui penyebab utama Insomnia Anda. Penyebab insomnia sangat beragam dari hyperthyroidism, gangguan detak jantung, kesakitan yang tidak diperlakukan dengan benar, atau gangguan pencernaan. Dengan mengetahui penyebabnya maka insomnia Anda akan dapat teratasi.
  • Buat suatu jadwal yang pasti. Bikin dan berkomitmenlah pada suatu jadwal bangun tidur, makan, berolahraga, bersantai, dan tidur. Bayangkan seperti membuat program untuk menidurkan balita, percayalah, hal ini akan sangat membantu.
  • Buat kamar Anda sendiri. Jika desain interior kamar Anda terlalu terang atau terlalu terbuka akan mempengaruhi tidur Anda. Maka bikinlah kamar yang keren, gelap, dan bebas dari keributan, memasang kipas angin dapat membantu menetralisir suara dari luar..
  • Berolahraga. Berlatih secara teratur, tetapi ingat jangan pernah berolahraga 3-5 jam menjelang jam tidur, karena hal ini justru akan membuat Anda sulit untuk terlelap.
  • Rileks. Ikuti program rileksasi seperti yoga, meditasi, atau mandilah dengan berendam pada air hangat disertai musik dijamin akan menenangkan Anda.
  • Carilah bantuan. Konsultasikan insomnia Anda dengan dokter jika Anda tetap tidak bisa tidur dengan cara-cara diatas.


Hindari:

  • Televisi di dalam kamar tidur Anda. TCahaya terang dari televisi akan sangat menggangu tidur Anda, maka simpan tv dan komputer Anda di ruangan lain.
  • Minum alkohol untuk obat tidur. Alkohol akan membantu Anda tertidur, tetapi tidak akan membantu Anda tetap tertidur.
  • Menganggap remeh konsumsi caffeine Anda. Beberapa orang lebih sensitif dengan caffeine, pengaruhnya berbeda antara satu individu dengan individu lainnya, pasangan Anda mungkin bisa menikmati segelas kopi setelah makan malam, kemudian tidur dengan nyenyak, tetapi Anda tidak akan terus terjaga walaupun terakhir Anda mengkonsumsi kopi adalah pada jam 1 siang.
  • Makan yang banyak menjelang jam tidur. Insomnia akan kambuh jika Anda mengisi perut Anda tepat di saat menjelang jam tidur. Akan tetapi, makanan ringan yang kaya protein seperti sereal dan susu bisa membantu tidur Anda karena mengandung trytophan dan asam amino.
  • Tetap di tempat tidur walaupun Anda tidak bisa terlelap. eBangunlah sejenak dan baca buku atau lakukan aktivitas ringan lain sampai Anda merasa ngantuk kemudian kembali ke tempat tidur.

No comments:

Post a Comment