Tips Pola Makan Saat Sedang Hamil


Kesehatan sangatlah penting bagi Anda maupun bayi Anda. Seorang wanita hamil membutuhkan asupan 300 kalori tambahan saat hamil. Wanita hamil seharusnya mengkonsumsi nutrisi bermanfaat untuk kesehatannya dan bayi dalam kandungannya. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat, hindari makanan cepat saji. Hal ini akan membantu bayi Anda dalam memulai tahap awal kehidupan ini dengan hidup yang sehat.


Tips Untuk Saat Kehamilan

Berikut adalah asupan yang dibutuhkan saat hamil:
1. Protein
Konsumsilah sebanyak 60-80 grams protein setiap harinya. Jika ada kemungkinan anak Anda kembar maka Anda membutuhkan asupan lebih. Protein membantu perkembangan sel otot bayi. Ayam, daging, ikan, telur, yogurt, susu, keju, kacang-kacangan adalah sumber protein yang bagus.
2. Zat besi
Makanlah sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, daging, dan strawberry. Mereka adalah sumber zat besi. Guna Zat besi adalah untuk mencegah Anemia, karena saat hamil volume darah akan meningkat, sehingga dibutuhkan zat besi lebih untuk dapat mengontrolnya.

3. Kalsium
Wanita hamil harus mengkonsumsi makanan kaya kalsium. Susu, keju, dan yogurt adalah sumber kalsium yang bagus dan mereka juga mengandung protein. Guna kalsium ini adalah untuk mendukung pertumbuhan tulang pada bayi di kandungan, jika asupan kalsium tidak cukup untuk sang bayi, maka kalsium akan diambil dari tulang sang ibu.
4. Folat
Folat adalah nutrisi yang penting untuk wanita hamil. Nutrisi ini ada di dalam Vitamin, telur, sayur sayuran, dan buah-buahan asam (Citrus Fruits) adalah sumber folat yang bagus. Selain itu folat juga dapat ditemukan pada roti dan makanan sereal.
Fungsi nutrisi ini adalah untuk menurunkan resiko kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defect) pada bayi.
5. Buah buahan dan sayuran
Berusahalah untuk selalu menyertakan kedua nutrisi ini ke dalam setiap menu makanan Anda.
Buah buahan dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat bagus.
6. Konsumsi Banyak Cairan, minum banyak air putih
Wanita hamil harus banyak mengkonsumsi cairan, maka minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari. Selain air putih, mengkonsumsi jus buah malah akan lebih bagus lagi, tetapi yang paling bagus tentunya adalah susu dan air putih. Hindari minuman bersoda dan yang mengandung caffeine.

Snacks

Snacks yang paling bagus untuk ibu hamil adalah:
1. Yogurt
Merupakan sumber kalsium, serat dan protein.
2. Salad
Gunakan sayur sayuran bernutrisi kelas berat, seperti bayam, mentimun, tomat, wortel, dan sebagainya.
3. Snack Keju
Roti atau biskuit yang mengandung keju akan sangat bagus karena keju mengandung banyak protein dan kalsium.


Makanan yang harus dihindari

1. Seafood
Hindari makanan ini, terutama ikan, karena mengandung merkuri. Termasuk ikan tuna juga harus dihindari, untuk masa sekarang ini banyak restoran yang menyediakan menu sushi, hindari juga yang satu ini, karena mengandung bakteri yang bisa mengancam kesehatan bayi dalam kandungan Anda.
2. Caffeine
Mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir minuman yang mengandung caffeine akan menyebabkan resiko lahir premature. Teh, kopi, soda dan coklat semua mengandung caffeine.
3. Alcohol
Minuman yang mengandung alkohol harus dihindari karena beresiko pada anak cacat dan keterbatasan mental.
4. Daging setengah matang
Makanan atau daging setengah matang mengandung salmonella atau e coli ( bakteri ) yang akan membahayakan kesehatan Anda dan bayi Anda, maka pastikan setiap menu yang akan Anda makan telah matang dimasak 100%.

Semoga beberapa tips kesehatan di atas dapat Anda terapkan maka dijamin Anda dan bayi Anda akan melalui masa kehamilan dengan kesehatan yang sempurna ^_^

No comments:

Post a Comment